Sunday, December 5th, 2021

Suhu Optimal Tiap Bagaian Motor Moto GP

Daklam pertandingan moto gp pasti akan dijumpai banyaknya komponen motor MotoGP yang bekerja efektif dalam suhu tertentu, ada juga yang tidak berhubungan dengan suhu. Yang bergantung dengan suhu, part / bagaian motor moto gp tersebut  tidak akan bekerja dengan baik jika tidak berada di suhu tertentu.

Tiap part / bagaian moto gp tidak melulu harus panas, atau harus dingin, untuk bekerja optimal, masing-masing sudah punya batasan sendiri. Berikut adalah bagaian – bagaian / part yang bekerja optimal dalam suhu tertentu, seperti dilansir tajamterpercaya.com dari Box Repsol, berdasarkan data langsung dari motor Honda RC213V.

Ban

Seperti performa ban di atas trek sangat bergantung dari suhu. Suhu optimal ban motor MotoGP harus berada di kisaran 50-100 derajat Celcius. Jika di bawah 50 derajat, cukup berbahaya untuk dipakai langsung ngebut, apalagi untuk dipakai menikung dengan sudut kemiringan yang besar.

Suhu yang paling optimal adalah 100 derajat Celcius, dimana grip ban sangat bagus, hanya saja dengan degradasi ban yang cukup cepat. Di atas 100 derajat Celcius, ban motor moto gp  mudah rusak dan meleleh hal ini tentu sangat berbahaya.

Pengereman

Pengereman pada motor moto gp mempunyai batasan suhu optimal yang jauh lebih tinggi dari ban. Suhu optimalnya yakni adalah 200 sampai 800 derajat Celcius. Piringan karbon yang sekarang populer di MotoGP sekarang lebih baik dibanding piringan baja, hanya saja butuh suhu yang cukup tinggi agar bekerja dengan lebih optimal.

Di awal penggunaannya, rem karbon tidak selalu dipakai, terutama dalam kondisi hujan dengan suhu rendah karena penggunaannya tidak optimal. Namun sekarang rem jenis ini dapat dipakai dalam kondisi apapun berkat perkembangan teknologi.

Suspensi

Suspensi motor moto gp juga berkerja berhubungan dengan suhu tertentu. Ternyata suspensi depan dan belakang punya karakter berbeda soal suhu optimal ini.

Suspensi depan berkisar sedikit di atas suhu kamar, berarti di atas 25 derajat Celcius. Sedangkan suspensi belakang bisa memanas sampai 70 derajat Celcius.

Temperatur ini sangat penting karena akan mengatur viskositas oli suspensi yang akan mempengaruhi kinerja moto gp diatas trek.

Bahan bakar

Pastinya sesuai dengan regulasi, suhu bahan bakar diatur 15 derajat lebih rendah dari suhu sekitar. Dengan suhu rendah itu, bensin akan lebih besar massa jenisnya sehingga tangki dapat memuat bensin lebih banyak alias lebih berat. Dengan suhu yang tinggi, semakin sedikit pula bensin yang dimuat tangki,

Pembalap Motor Moto GP

Suhu tubuh pembalap moto gp juga harus dijaga. Suhu tubuh ideal untuk pembalap mototr moto gp yakni sekitaran 36,5 derajat Celcius.

Jika terlalu tinggi, berarti pembalap tersebut sedang demam dan tentunya tidak maksimal saat tampil balapan. Saat balapanpun, suhu tubuh pembalap juga akan disesuaikan oleh baju balapnya. Teknologi baju balap yang berkembang saat ini sudah sangat memungkinkan hal tersebut.

Tentunya jika pembalap terlalu gerah, hal ini pasti menggangu kinerja mereka saat melakukan balapan.

Mesin Motor Moto GP

Bagaian ini yang paling panas di antara komponen lainnya. Suhu pada ruang bakar mesin sangat panas, berkisar antara 1800 sampai 2500 derajat Celcius.

Di bagian kepala piston sekitar di atas 250 derajat Celcius, sedangkan blok silinder mencapai lebih dari 200 derajat Celcius. Katup intake mencapai lebih dari 250 derajat Celcius, katup keluar mencapai 600 derajat Celcius. Sementara gas buangnya mencapai 700 derajat Celcius.

Oleh karena itu penting sekali untuk dilakukan perawatan rutin pada mesin motor moto gpp guna menjaga kinerjannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *